Aisyah, (2021) Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan CIIP ( Studi Kasus di MA Bina Cendikia Cirebon). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji evaluasi proses pembelajaran biologi secara daring di MA Bina Cendekia Cirebon, diukur dari variabel Context, Input, Proses dan Produk. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluatif model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus (case studies). Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas XI IPA yang berjumlah 1 orang guru dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah evaluatif deskriptif. Berdasarkan pengambilan data penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut : Context meliputi tujuan pembelajaran daring belum maksimal, kebutuhan pembelajaran daring sudah memenuhi, lingkungan pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari guru biologi mendukung sedangkan dari siswa belum mendukung. Input meliputi kualifikasi guru (S1) Pendidikan guru biologi, administrasi pembelajaran lengkap, sarana prasarana sudah memadai. Process meliputi kesesuain pelaksanaan pembelajaran biologi dengan RPP sesuai, proses pembelajaran biologi terlaksana dengan maksimal jika ditinjau dari gurunya, sedangkan ditinjau dari peserta didik kurang maksimal, Performa guru guru biologi memiliki kompetensi yang mengampu sesuai bidangnya. Product meliputi hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi proses pembelajaran biologi secara daring di MA Bina Cendekia Cirebon bagi siswa tergolong kurang maksimal dan bagi guru tergolong maksimal ditinjau dari segi variabel Context, Input, Process Dan Product.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7331 |
Actions (login required)
View Item |