Analisis Perilaku Pedagang Dalam Meningkatkan Skala Usaha (Studi Kasus Pedagang Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang)

Imas Masfupah, (2022) Analisis Perilaku Pedagang Dalam Meningkatkan Skala Usaha (Studi Kasus Pedagang Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK-PEDOMAN LITERASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

IMAS MASFUPAH. 1708203115. “Analisis Perilaku Pedagang Dalam Meningkatkan Skala Usaha di Pasar Cipeujeuh (Studi kasus pedagang Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang) . 2021. Perilaku pedagang adalah sikap atau perilaku yang berkaitan erat dengan moral-moral yang berlaku. Sebagai pedagang, tentu menginginkan skala usahanya meningkat. Maka seharusnya pedagang mampu mengelola faktor produksi dengan sebaik mungkin dan memanage biaya seminimum mungkin,guna meningkatkan skala usaha yang baik. Skala usaha yang meningkat tentu akan berdampak pada kesejahteraan pedagang. Adapun pada realita di Pasar Cipeujeuh, banyaknya pedagang yang belum mengelola faktor produksi dengan baik sehingga berdagangpun masih belum tetap buka/tutupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah :” “Bagaimana meningkatkan skala usaha” “Bagaimana tingkat pendapatan pedagang di pasar Cipeujeuh“Bagaimana tingkat kesejahteraan pedagang di Pasar Cipeujeuh”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan pengecekkan ulang data dengan metode triangulasi agar mendapatkan kevalidan data. Adapun hasil dari penelitian ini : skala usaha increasing return to scale (skala usaha meningkat) dalam meningkatkan skala usaha dengan pengelolaan modal yang baik, penambahan limit modal, motivasi kerja tinggi, memiliki tenaga kerja dan disiplin dalam memanage waktu, adapun tingkat skala usaha increasing return to scale (skala usaha meningkat) sebanyak 8 informan atau sebanyak 40%, skala usaha constant return to scale (skala usaha sama)meningkatkan skala usaha dengan menambah modal dan mengelola modal dengan baik, adapun skala usaha constant return to scale sebanyak 4 informan atau sebanyak 20% dan skala usaha decreasing return to scale (usaha menurun) cara meningkatkan skala usaha dengan mengelola modal yang ada dan meningkatkan keramahan pada konsumen, skala usaha decreasing return to scale (usaha menurun) sebanyak 8 informan atau sebanyak 40% Adapun tingkat pendapatan dari 20 informan yang sudah dikalkulasikan dikurangi dengan segala biaya-biaya sebagai berikut : pendapatan Rp 1.000.000-2.000.000 sebanyak 9 informan atau 45%, pendapatan >2.000.000-3.000.000 ada sebanyak 4 informan atau 20%, pendapatan >4.000.000-5.000.000 ada 2 informan atau sebanyak 10%, pendapatan >5.500.000-10.000.000 ada sebanyak 4 informan atau 20% dan pendapatan >15.000.000-25.000.000 ada sebanyak 1 informan atau 5%. Dapat diketahui bahwa dari tabel diatas menunjukkan tingkat kesejahteraan pedagang Pasar Cipeujeuh sebagai berikut : keluarga prasejahtera sebanyak 6 informan atau sebanyak 30%, tingkat keluarga sejahtera I 7 informan atau sebanyak 35%, tingkat keluarga sejahtera II sebanyak 2 informan atau 10%, keluarga sejahtera III sebanyak 4 informan atau 20%, keluarga sejahtera III pus sebanyak 1 informan atau 5%. Kata Kunci : Skala Usaha, pendapatan,Kesejahteraan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:12
Last Modified: 25 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7349

Actions (login required)

View Item View Item