Dhian Kusuma Wardhani, (2021) Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Teks Biologi Kelas XI Materi Sistem Pernapasan. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan proses sains (KPS) merupakan bagian dari keterampilan abad 21. Buku teks sebagai sarana belajar bagi siswa hendaknya bisa menunjang perkembangan KPS. Untuk itu penting dilakukan analisis terhadap KPS dalam buku teks biologi guna mengetahui kualitas sajian KPS dalam buku teks tersebut. KPS dasar yang digunakan dalam penelitian ini ada lima aspek yaitu mengamati, mengkomunikasikan, mengklasifikasikan, memprediksi dan mengukur sedangkan KPS terintegrasi yang digunakan ada empat aspek yaitu mendefinisikan operasional variabel, merumuskan hipotesis, menafsirkan data serta mempersiapkan percobaan dan bereksperimen. Buku teks Biologi Kelas XI yang dianalisis berjumlah tiga buah dengan materi yang dipilih adalah sistem pernapasan pada manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknis analisis isi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa tiap buku memiliki perbedaan dalam menyajikan KPS. Buku C menjadi yang paling unggul dalam menyajikan KPS dasar. Buku A unggul dalam menyajikan KPS terintegrasi. Perbandingan KPS dasar dan KPS terintegrasi dalam tiap buku memiliki perbedaan. Buku A memiliki perbandingan yang hampir sama besar antara KPS dasar dan KPS terintegrasi sedangkan Buku C menjadi yang paling jauh perbandingannya. KPS dasar lebih banyak muncul dalam buku teks dibandingkan KPS terintegrasi. Perbandingan sajian KPS antar buku teks juga memiliki perbedaan. Buku C sudah sangat memfasilitasi dalam menyajikan KPS dasar namun sajian KPS terintegrasi hanya masuk kategori cukup memfasilitasi. Buku A dapat memfasilitasi KPS terintegrasi dan KPS dasar namun penyajian KPS dasar masih dibawah Buku C. Buku B cukup memfasilitasi KPS dasar dan dapat memfasilitasi KPS terintegrasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 01:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7359 |
Actions (login required)
View Item |