Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BSI KCP Majalengka Abdul Halim 2 Pasca Merge

Meylin Mutmainatin, (2022) Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BSI KCP Majalengka Abdul Halim 2 Pasca Merge. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

MEYLIN MUTMAINATIN, 1808203117, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BSI KCP MAJALENGKA ABDUL HALIM 2 PASCA MERGER” Upaya pengembangan perbankan syariah merupakan bagian dari upaya pemerintah yang bertujuan meningkatkan daya tahan perekonomian nasional. Perbankan merupakan salah satu perusahaan yang melakukan merger. Beberapa faktor dalam keberhasilan organisasi, baik organisasi profit maupun non profit, dilihat dari konsep kualitas produk dan layanannya. Karena nasabah atau konsumen akan merasa puas apabila kualitas produk dan layanan yang diterimanya baik atau sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BSI KCP Majalengka Abdul Halim 2 Pasca Merger. Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) merupakan variabel independen. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kepuasan Nasabah (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua nasabah pada BSI KCP Majalengka Abdul Halim 2 yang berjumlah kurang lebih sekitar 1.700 nasabah, namun yang digunakan sebagai sampel hanya 95 nasabah untuk diteliti. Teknik yang digunakan adalah metode sampel random (random sampling), yaitu suatu metode penarikan sebagian anggota dari populasi sehingga setiap anggota memiliki peluang. Adapun penentuan jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Kemudian dilakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji model dan uji hipotesis dengan bantuan alat olah data yaitu software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pasca merger. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan analisis statistik t, dimana variabel kualitas produk memperoleh nilai signifikasi 0,044 < 0,05 dan nilai thitung 2,045 > ttabel 1,986. Variabel kualitas pelayanan memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,451 > ttabel 1,986, yang artinya masing-masing variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikasi terhadap kepuasan nasabah. Selain itu R Square yang diperoleh sebesar 0,468 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 46,8% dan sisanya 53,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan, Kepuasan Nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:33
Last Modified: 26 Jul 2022 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item