Penerapan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di MTs Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan

Aah Roudotul Badiah, (2019) Penerapan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di MTs Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam perkembangan diri manusia dan salah satu cara untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan. Kurangnya pemahaman dan wawasan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik maka akan menimbulkan prilaku yang kurang baik. Sehingga perlu diterapkannya pendidikan yang isinya memberi pengetahuan mengenai kemajemukan juga mencerminkan prilaku atau sikap yang menghargai satu sama lain, empati, simpati, serta toleransi antar budaya yang ada. Maka dari itu perlu diterapkannya pendidikan multikultural yang di sinergikan dengan pembelajaran IPS. Melalui mata pelajaran IPS, dapat membantu siswa dalam menambah pemahaman terkait kemajemukan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi-materi multikultural yang terdapat dalam mata pelajaran IPS, mengetahui penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS, serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS. Bangsa Indonesia saat ini memerlukan penerapan pendidikan berbasis multikultural dalam rangka memperkaya wawasan ilmu pengetahuan juga pemahan mengenai kemajemukan, serta menumbuhkan prilaku multikultural, agar aset bangsa Indonesia yang majemuk tetap bisa dipertahankan dan mencegah adanya konflik antar para siswa. Oleh karena itu pemerintah berupaya merancang sistem pendidikan nasional yang isinya sesuai dengan kemajemukan yang ada. Sehingga output yang dihasilkan adalah para peserta didik yang paham dan memiliki sikap multikultur sehingga tercipta keharmonisan di tengah-tengah kemajemukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus penelitian penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS dan faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan pendidikan multikultural. Metode pngumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa materi yang terkandung dalam mata pelajaran IPS diantaranya mobilitas sosial, pluralitas masyarakat, negara-negara ASEAN, serta konflik dan integrasi antar kehidupan sosial. Serta penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS dilakukan dengan berbagai macam pendekatan diantaranya dalam melakukan pembelajaran guru menggunakan metode pendekatan cooperative learning dan demonstrasi, selain itu juga ada kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan oleh para siswa seperti membudayakan 3S (Senyum, sapa, salam) antar sesama, adanya kegiatan konsulat (tampilan budaya dari masing-masing daerah). Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan multikultural. Faktor pendukung diantaranya adalah, iklim sekolah yang cocok, kurikulum sekolah, peran siswa serta guru dan program serta kegiatan sekolah. Faktor penghambatnya diantaranya, waktu yang terbatas dalam melakukan proses pembelajaran,masih ada siswa yang belum bisa melakukan komunikasi dengan baik dengan diwajibkannya keterampilan berbahasa arab dan inggris, guru kekurangan media tentang keragaman, serta foster-foster, tulisan maupun gambar yang menunjukan keberagaman masih kurang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:21
Last Modified: 28 Jul 2022 04:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7544

Actions (login required)

View Item View Item