Penerapan Bahan Ajar Modul Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Ekosistem

Utami Alisya Putri, (2022) Penerapan Bahan Ajar Modul Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

kir kritis dan respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Kerangkeng. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ; 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dan 3) respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Kerangkeng dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas X IPA 2 kelas kontrol dan 30 siswa kelas X IPA 1 kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) pada konsep ekosistem. Beradasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Sience, Technology, Engineering And Mathematics (STEM).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:56
Last Modified: 04 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7576

Actions (login required)

View Item View Item