Metode Qiraati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di TKQ Sidqul Amal Kabupaten Cirebon

Farkhatun Jamilah, (2021) Metode Qiraati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di TKQ Sidqul Amal Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya semakin berkembangan zaman lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin melek akan pentingnya membaca Al-Qur’an, hal ini agar meminimalisir kesalahan membaca Al-Qur'an dan meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur'an sejak dini baik dalam melafalkan makhorijul huruf serta panjang pendeknya dalam membaca al-qur'an. Sehingga banyak lembaga formal atau non formal berusaha mengadakan pelayanan Al-Qur'an yang dimana menggunakan metode membaca Al-Qur'an. Peneliti melakukan penelitian di TKQ Sidqul Amal Kedawung kabupaten Cirebon yang menerapkan Metode Qiraati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran metode qiraati membaca Al-Qur'an, kemampuan membaca Al-Qur'an pada anak usia dini menggunakan metode qiraati dan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif menggunakan deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik di TKQ Sidqul Amal. Teknik pengunpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di TKQ Sidqul Amal dalam pembelajaran metode qiraati yaitu ada tiga kelas dimulai pra kelas dimana anak-anak berbaris didepan kelas dan membaca surat-surat pendek, doa-doa harian dan bacaan sholat. Kedua Kelas klasikal yaitu guru memimpin anak-anak untuk mengikuti apa yang dilafalkan, dalam kelas klasikal menggunakan media dan yang terahir kelas individu yang dimana anak-anak maju satu-persatu untuk mensetorkan keguru mengenai bacaannya dalam menggunakan metode qiraati. Adapun Keamampun anak dalam membaca Al-Qur’an menggunakan metode qiraati di TKQ Sidqul Amal pada saat proses pembelajran kelas individual dalam membaca buku qiraati pra-TK dengan melihat langsung dari prinsip metode qiraati yang ditekankan adalah lancar, tepat, cepat dan benar. Faktor penghambat kurangnya pemahaman orang tua dan kurangnya kedisplinan anak dalam mengikuti pembelajaran disekolah dan muroja’ah diruma. Adapun prestasi atau hal yang mendukung adalah berupa terlampauinya target pembelajaran dan mengikuti semua pembelajaran dari pra kelas, kelas klasikal dan kelas individual

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:10
Last Modified: 04 Aug 2022 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7584

Actions (login required)

View Item View Item