Analisis Pengembangan Objek Wisata Dan Ekonomi Kreatif Di Pantai Karangsong Indramayu (Studi Kasus Pantai Karangsong Indramayu)

Wiwi Soliha, (2022) Analisis Pengembangan Objek Wisata Dan Ekonomi Kreatif Di Pantai Karangsong Indramayu (Studi Kasus Pantai Karangsong Indramayu). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Wiwi Soliha. NIM : 1808204069, “ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DAN EKONOMI KREATIF DI PANTAI KARANGSONG INDRAMAYU (Studi Kasus Pantai Karangsong Indramayu)”, 2022. Salah satu contoh objek wisata di Indonesia tepat di Jawa Barat, Indramayu yaitu Pantai Karangsong. Pantai Karangsong memiliki daya wisata yang unik dengan keindahan hutan mangrove yang di milikinnya selain adanya destinasi wisata objek Pantai Karangsong, peran pelaku ekonomi kreatif di sekitar objek wisata tersebut menyediakan produk lokal khas Indramayu selain untuk oleh-oleh juga dapat memperkenalkan produk lokal khas Indramayu kepada wisatawan. Berdasarkan observasi awal, objek wisata Pantai Karangsong masih dalam tahapan merintis yang perlu adanya pengembangan agar dapat lebih terkenal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan objek wisata Pantai Karangsong ini masih dalam tahap merintis yaitu akses jalan yang berlubang, minimnya fasilitas seperti tempat sampah dan musholah, dan kurangnya atraksi untuk menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan objek wisata di Pantai Karangsong yang dapat menjadikan objek wisata lebih kreatif dan meningkatkan minat wisatawan serta mengetahui pengembangan ekonomi kreatif di Pantai Karangsong Indramayu yang dapat dijadikan ciri khas dan menjadi lebih menarik dan dapat dinikmati oleh wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang di kumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode diskriptif analisis. Selain itu juga menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis data terkait dengan strategi pengembangan objek wisata Pantai Karangsong dan pengenbangan ekonomi kreatif. Adapun hasil penelitian ini mengenai pengembangan objek wisata di Pantai Karangsong Indramayu memiliki daya tarik pemandangan hutan mangrove yang masih asri, harga tiket masuk yang terjangkau, dan adanya atraksi perahu wisata yang ditawarkan.Berdasarkan hasil analisis SWOT dihasilkan beberapa strategi pengembangan untuk objek wisata Pantai Karangsong diantaranya yaitu Menjaga kealamiahan objek wisata Pantai Karangsong Indramayu, menambahkan tempat sampah di spot-spot yang mudah di jangkau wisatawan dan memperbaiki akses jalan, menambahkan jenis atraksi. Pantai Karangsong Indramayu memiliki peran aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, Berdasarkan hasil analisis SWOT dihasilkan beberapa strategi pengembangan yaitu memberikan perbaikan tempat pemasaran ekononomi kreatif sehingga lebih layak, memberikan pelatihanpelatihan teknik khusus untuk meningkatkan nilai ekonomis, melakukan kegiatan promosi dengan media sosial. Kata Kunci: Pengembangan, Objek wisata, Ekonomi kreatif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:56
Last Modified: 08 Aug 2022 07:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item