STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DIVISI FUNDRAISING DAARUT TAUHIID PEDULI CIREBON

SITI KOMARIYAH, (2022) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DIVISI FUNDRAISING DAARUT TAUHIID PEDULI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Daarut Tauhiid Peduli merupakan lembaga amil zakat nasional yaitu suatu lembaga nirlaba yang berjalan dibidang pendayagunaan dan penghimpunan (fundraising) dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Berdiri sejak tahun 1999 atau lebih lengkapnya di tanggal 16 Juni 1999, pendirinya KH. Abdullah Gymnastiar. Daarut Tauhiid Peduli ini masih dalam cakupan dari Yayasan Daarut Tauhiid yang mempunyai tekad menjadikan lembaga amil zakat profesional, jujur, dan amanah serta berlandaskan selalu ukhuwah islamiyah. Pada penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana penyusunan dan pelaksanaan strategi komunikasi organisasi divisi fundraising pada Daarut Tauhiid Peduli Cirebon dalam penghimpunan? (2) Bagaimana divisi fundraising Daarut Tauhiid Peduli Cirebon memaksimalkan faktor-faktor pendukung strategi komunikasi? (3) Bagaimana divisi fundraising Daarut Tauhiid Peduli Cirebon mengatasi hambatan saat melakukan strategi komunikasi? (4) Bagaimana hasil dari pelaksanaan strategi komunikasi organisasi divisi fundraising dalam penghimpunan dan pendistribusiannya? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami dan mengetahui tentang penyusunan dan pelaksanaan, faktor pendukung, mengatasi hambatan dan hasil dari pelaksanaan strategi komunikasi organisasi divisi fundraising pada Daarut Tauhiid Peduli Cirebon dalam penghimpunan dan pendistribusiannya. Untuk menjawab persoalan, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menghasilkan data-data yang sesuai dengan kenyataan dilapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data menurut Stake. Berdasarkan hasil dari penelitian (1) Penyusunan dan pelaksanaan yang dilakukan divisi fundraising ini dengan langkah-langkah: a) Menentukan komunikator, b) Menyusun pesan, c) Menentukan khalayak, d) Memilih media yang digunakan, e) Menentukan tujuan. (2) Faktor�faktor pendukung strategi komunikasi yang dilakukan divisi fundraising yaitu a) Perlengkapan dan peralatan fundraising yang memadai, b) Pengadaan event-event, c) Adanya para donator tetap Daarut Tauhiid Peduli Cirebon. (3) Hambatan strategi komunikasi yang dialami divisi fundraising yaitu a) Hambatan dalam proses penyampaian/teknik, b) Hambatan semantik/bahasa dan c) Hambatan manusiawi/pribadi. Divisi fundraising mengatasi hambatan-hambatan itu dengan selalu intropeksi setiap individunya, mengatur ulang jadwal, selalu berupaya untuk sosialisasi, menambah media untuk sosialisasi dan penawaran. (4) Hasil dari pelaksanaan strategi komunikasi ini sudah berjalan baik dan stabil dengan a) Meningkatnya para muzakki, b) Kepuasan donatur karena pendistribusian dilakukan dengan tepat dan sesuai, serta c) Kembali stabilnya para donatur yang dimana pada masa pandemi mengalami penurunan donatur pada tahun 2019 dengan total 1.400 kemudian di tahun 2020 mengalami penurunan yaitu menjadi 1.249 dan kemudian mulai stabil kembali di tahun 2021 yaitu sebanyak 1.300 donatur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Fundraising, Daarut Tauhiid Peduli Cirebon.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:05
Last Modified: 10 Aug 2022 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item View Item