HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2017 DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

SAFFANA MUMTAZIA, (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2017 DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Skripsi merupakan salah satu tugas akhir mahasiswa yang menjadi salah satu syarat kelulusan. Dalam proses menyusun skripsi, mahasiswa mengalami berbagai macam kendala yang menyebabkan timbulnya kecemasan. Kecemasan merupakan masalah yang berhubungan dengan emosi. Untuk mengatasi kecemasan, mahasiswa membutuhkan kemampuan untuk mengelola emosi atau biasa disebut kecerdasan emosional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : pertama, bagaimana gambaran kecerdasan emosional mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Kedua, bagaimana gambaran kecemasan pada mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Ketiga, bagaimana hubungan kecerdasan emosional dengan kecemasan mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk : pertama, mengetahui gambaran kecerdasan emosional mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Kedua, mengetahui gambaran kecemasan mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Ketiga, mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kecemasan mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 yang berjumlah 100 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 memiliki tingkat kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi yaitu 70%. Kedua, mahasiswa Bimbingan Konseling Islam memiliki tingkat kecemasan dengan kategori sedang yaitu 64%. Ketiga, terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan mahasiswa bimbingan konseling islam angkatan 2017 dengan nilai koefisien korelasi sebesar (-0,0465). Artinya semakin tinggi variabel kecerdasan emosional maka semakin rendah variabel kecemasan ataupun sebaliknya semakin rendah variabel kecerdasan emosional maka semakin tinggi variabel kecemasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecemasan, Mahasiswa
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:19
Last Modified: 28 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item