STRATEGI PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV SDN 1 ARJAWINANGUN TAHUN AJARAN 2021/2022

Aola 'Amaliani, (2022) STRATEGI PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV SDN 1 ARJAWINANGUN TAHUN AJARAN 2021/2022. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Arjawinangun, di khususkan untuk melihat kegiatan belajar sekolah mengenai pemberian motivasi belajar pada kelas IV di SDN 1 Arjawinangun di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan fokus dengan bagaimana strategi guru dan orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Untuk memahami dan menjelaskan strategi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi. (b) Untuk memahami dan menjelaskan strategi guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN 1 Arjawinangun. (c) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan selama memberikan motivasi belajar pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologi yang mengidentifikasi fenomena�fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat sekitar yang diungkapkan oleh informan dalam sebuah penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Hasil temuan dan analisis penelitian menunjukkan bahwa: (a) Untuk meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi yaitu sebagai orang tua mempersiapkan semua kebutuhan anak dalam mengikuti pembelajaran daring seperti mempersiapkan sarapan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, memfasilitasi HP sebagai kebutuhan utama dalam pembelajaran daring, paket internet yang cukup, jaringan internet yang stabil, mempersiapkan alat tulis belajar, buku modul pembelajaran, dan lain-lain. Pemberian motivasi berupa motivasi belajar, motivasi hidup, kata-kata mutiara juga perlu agar anak selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran daring. (b) Pemberian motivasi belajar dalam proses pembelajaran daring, wali kelas IV SDN 1 Arjawinangun mempersiapkan semua kebutuhan belajar sebelum pembelajaran berlangsung agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat menciptakan suasana kelas online yang mengasyikkan, sebagai pendidik perlunya untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik agar siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran. Pemberian motivasi belajar wali kelas berupa motivasi berbentuk kata-kata, gambar, video serta pemberian apresiasi kepada siswa yang mengumpulkan tugas lebih awal. (c) Hambatan orang tua dalam memberikan motivasi belajar pada anak yaitu terdapat pada diri individu siswa yang terkadang munculnya rasa emosional yang tidak stabil, mengeluh mengenai tugas sekolah, dan timbulnya rasa malas. Adapun hambatan wali kelas IV SDN 1 Arjawinangun hanya terhambat oleh jaringan serta paket internet siswa yang tiba-tiba habis, sehingga wali kelas merasa sulit untuk melakukan pemberian motivasi belajar kepada siswa yang terhambat oleh jaringan dan paket internet.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Guru, Orang Tua
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:14
Last Modified: 05 Dec 2022 02:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item View Item