Suhailah, (2022) DAMPAK TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SDN 1 PAMIJAHAN DESA PAMIJAHAN KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya orang tua yang lulusan SD mempunyai anak yang tergolong berperilaku sopan santun tetapi tidak mudah menangkap pelajaran. Orang tua memaklumi apabila anaknya tidak mendapat prestasi yang tinggi. Sedangkan orang tua yang berlatar belakang pendidikan SMA selalu sibuk sehingga waktu komunikasi pun sedikit, apalagi orang tua tersebut tipikal orang tua yang tidak banyak bicara. Kadang kala orang tua sering menyalahkan jika anaknya bersikap tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Akibatnya, anak merasa ditinggalkan dan percaya bahwa orang tuanya tidak peduli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua di SDN 1 Pamijahan, untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional anak di SDN 1 Pamijahan dan untuk mengetahui dampak dari tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak di SDN 1 Pamijahan. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni penelitian ilmiah yang bertujuan memahami peristiwa pada konteks kenyataan sosial dengan mengedepankan proses komunikasi dua arah secara mendalam antara peneliti dan peristiwa yang ditelitinya. teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian dari total tingkat pendidikan orang tua di SDN 1 Pamijahan terdapat tamatan SD sejumlah 135 orang, SLTP 123 orang, SLTA 254 orang, D-2 4 orang, D-3 5 orang, S-1 39 orang, S-2 2 orang, tidak tamat SD 2 orang dan tidak sekolah 4 orang sehingga totalnya 568 orang. Perkembangan kecerdasan emosional anak di SDN 1 Pamijahan adalah sebegai berikut: (1) dapat mengekspresikan emosi dengan baik, (2) kurang mengekspresikan emosi, (3) mampu memotivasi diri, (4) kurang memotivasi diri, (5) mempunyai kepekaan kepada orang lain, dan (6) mampu bergaul atau berteman dengan orang lain. Dampak tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak pada penelitian terdiri dari: (1) anak mampu mengenali dan mengelola emosi, (2) anak mampu memotivasi diri sendiri, (3) anak mampu mengenali emosi orang lain, dan (4) anak mampu membina hubungan dengan orang lain. Akan tetapi, pada penelitian ini tingkat pendidikan orang tua tidak terlalu signifikan terhadap perkembangan anak. Karena untuk mengembangkan kecerdasan emosional bisa diperoleh dari faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kecerdasan Emosional Anak |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:37 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8382 |
Actions (login required)
View Item |