Syarifah, (2022) PENGGUNAAN APLIKASI TIK-TOK SEBAGAI AJANG KEPERCAYAAN DIRI WANITA MENJADI GLOW UP. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
awalan dll.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Tik Tok merupakan salah satu aplikasi yang populer dan diminati dunia. Aplikasi ini menempati peringkat ke dua setelah whatsapp yang memiliki 1,5 miliar pengunduh dan dinobatkan sebagai aplikasi paling terbaik di Play Store yan dimiliki oleh Google. Tidak hanya itu, Tik-Tok juga menjadi kategori aplikasi paling menghibur. Tiktok merupakan aplikasi yang memberikan spesial effects unik dan menarik yang dapat digunakan oleh pengguna, salah satunya mengenai kepercayaan diri yang didapat melalui konten glowup. Glow up bagi mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan hal yang penting tidak hanya soal merubah penampilan dan memenuhi gaya hidup tetapi juga glow up dapat dilakukan sebagai rasa bersyukur atas apa yang Allah kasih dengan bentuk yang baik. Rumusan masalah terkait dengan : Bagaimana intensitas penggunaan aplikasi Tik-tok pada mahasiswi KPI IAIN Cirebon, Apa motif pengguaan aplikasi Tik-tok pada mahasiswi KPI IAIN Cirebon terhadap trend glow up, Apa dampak penggunaan aplikasi Tik-tok terhadap kepercayaan diri mengenai trend glow up mahasiswi KPI IAIN Cirebon Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai intensitas, motif penggunaan aplikasi tik-tok terhadap trend glow up, dan dampak penggunaan aplikasi Tik-tok terhadap kepercayaan diri mengenai trend glow up mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, menggunakan sumber data primer dan sekunder, Pengumpulan data penelitian berfokus pada metode wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah teori dari Kuswarno Engkus. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswi KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon penggunaan aplikasi tik-tok sebagai ajang kepercayaan diri wanita menjad glow up ini bahwa menggunakan aplikasi media sosial tiktok ada sebagian yang menyatakan aktif dan juga tidak, alasan mahasiswi yang tidak aktif menggunakan aplikasi tik-tok ini menyatakan mereka seringnya menggunakan media sosial yang lain yaitu instagram, dimana banyak juga konten yang di upload ulang di instagram itu bersumber dari apliaksi tik-tok. Motifnya sendiri mahasiswi ini menggunakan media sosial tik-tok bertujuan untuk hiburan dikala gabut diwaktu luang. Dan dengan adanya trend glowup ini mereka dapat termotivasi dan mengikutinya. Dampaknya mahasisiwi kpi ini dapat mempengaruhi pengguna media sosial untuk mereka melakukan perubahan untuk menampilkan bahwa dirinya terlihat lebih baik dari sebelumnya. Salah satu diantaranya dengan melakukan perawatan diri dan juga pola pikir yang harus semakin dewasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Aplikasi Tiktok, Perilaku Kepercayaan Diri Wanita |
Subjects: | T Technology > Information Technology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:16 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8415 |
Actions (login required)
View Item |