Nadia Salsa Billah, (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Menulis Karangan Narasi Siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Jati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menemukannya berbagai kesalahan berbahasa di dalam menulis karangan narasi yang disusun oleh siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Jati Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa, yakni pada kesalahan bidang ejaan, bidang Morfologi, dan bidang Sintaksis. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan berbahasa adalah kurangnya pemahaman dan penguasaan, serta kemampuan siswa dalam menggunakan struktur bahasa tulis rata-rata masih rendah. Ketidakmampuan siswa dalam menggunakan bahasa terlihat pada penggunaan kalimat dalam karangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan tentang kesalahan berbahasa pada teks narasi siswa. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan hasil teks narasi siswa kelas VII B dan VII D. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik simak dengan teknik lanjutan, yaitu simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan kartu data, observasi, dan dokumentasi. Data sekunder yang diperoleh oleh peneliti melalui sumber bacaan baik itu dari buku, artikel, jurnal, dan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode agih. Metode agih merupakan sebuah metode yang alat penentunya adalah dari dalam bahasa itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terdapat kesalahan berbahasa dalam bidang ejaan, diantaranya ditemukan kesalahan pada bidang ejaan yaitu (dalam penggunaan huruf kapital ditemukan sebanyak 29 kesalahan, kesalahan penggunaan kata depan sebanyak 23 kesalahan, dan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 22 kesalahan). Selain itu juga, peneliti menganalisis kesalahan berbahasa pada bidang Morfologi yaitu ( dalam bentuk penghilangan afiks dengan jumlah keseluruhan ditemukan sebanyak 44 kesalahan, bentuk bunyi luluh tidak diluluhkan sebanyak 3 kesalahan, dan bunyi tidak luluh diluluhkan sebanyak 3 kesalahan.) Pada bidang Sintaksis, peneliti juga menganalisis bentuk kesalahan berbahasa yaitu (pada bentuk penggunaan kalimat tidak baku ditemukan sebanyak 4 kesalahan, bentuk diksi yang tidak tepat dalam membentuk kalimat ditemukan sebanyak 6 kesalahan, dan bentuk penggunaan kata mubadzir ditemukan sebanyak 6 kesalahan). Masing-masing dari kesalahan yang dianalisis, disertai juga dengan perbaikan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Berbahasa, Menulis, dan Karangan Narasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8450 |
Actions (login required)
View Item |