Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Teks Iklan di SMP Negeri 1 Gunung Jati

Indri Agustina, (2022) Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Teks Iklan di SMP Negeri 1 Gunung Jati. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana impelementasi pembelajaran teks iklan menggunakan metode Role Playing pada kelas VIII SMPN 1 Gunung Jati; dan (2) Bagaimana keefektifan penerapan metode Role Playing dalam materi teks iklan pada kelas VIII SMPN 1 Gunung Jati. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Jati. Sementara Sample dalam penelitian ini adalah kelas VIII C dan VIII D, pengambilan sampe menggunakan teknik purposive sampling. Seluruh sampel tersebut dikenai pretest untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matei teks iklan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Jati. Metode role playing lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran dilihat dari rata-rata hasil belajar materi teks iklan pada kelas kontrol dengan metode konvensional (ceramah) adalah 74,5. Sedangkan hasil belajar materi taks iklan pada kelas eksperimen dengan metode role playing adalah 80,89. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 4,000 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000 maka thitung > ttabel (4,000 > 2,000) . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode role playing terhadap hasil belajar siswa dalam materi teks iklan di SMP Negeri 1 Gunung Jati. Metode role playing lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran, karena diketahui hasil analisis dengan uji-t diperoleh hasil thitung 12.998 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,042, sehingga thitung > ttabel ( 12.998 > 2.042). Hasil tersebut dapat dikatakan efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Role Playing, dan Materi Teks Iklan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:08
Last Modified: 06 Dec 2022 04:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item View Item