Risna Nurtaci, (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Suranenggala dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Dalam penulisan teks eksposisi karya siswa masih ditemukan kesalahan penggunaan ejaan dan sintaksis yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku. Kesalahan penggunaan ejaan yaitu berupa ketidaktepatan penggunaan tanda baca, huruf, serta penulisan kata dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII F SMPN 1 Suranenggala. Sedangkan kesalahan sintaksis yaitu berupa ketidaktepatan penyusunan struktur frasa, klausa, dan kalimat dalam tulisan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskrisikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan dan sintaksis yang terdapat dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII F SMPN 1 Suranenggala dan pemanfaatannya sebagai video pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah teks eksposisi karya siswa kelas VIII F SMPN 1 Suranenggala. Data dalam penelitian ini berupa penggunaan ejaan dan sintaksis pada teks eksposisi karya siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa pedoman dokumentasi dan lembar angket. Keabsahan data menggunakan uji reliabilitas berupa interrater dan intrarater. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode agih menggunakan teknik lanjutan berupa teknik ganti dan sisip. Hasil penelitian dalam penelitian ini diperoleh data sebanyak 343 kesalahan pada penggunaan ejaan, meliputi (1) kesalahan penggunaan tanda baca terdapat 58 kesalahan, (2) kesalahan penggunaan huruf terdapat 212 kesalahan, (3) kesalahan penulisan kata terdapat 73 kesalahan, dan (4) penulisan unsur serapan tidak terdapat kesalahan. Sedangkan kesalahan sintaksis ditemukan sebanyak 32 kesalahan, meliputi: (1) frasa terdapat 3 kesalahan, (2) klausa terdapat 2 kesalahan, dan (3) kalimat terdapat 27 kesalahan. Dengan demikian, banyaknya jumlah kesalahan penggunaan ejaan dan sintaksis dapat dijadikan sebagai bahan ajar berupa video pembelajaran terkait penulisan teks eksposisi pada penggunaan ejaan dan sintaksis dalam bahasa tulis. Adapun hasil penilaian uji kelayakan video pembelajaran oleh dosen pembimbing skripsi menunjukkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis, kesalahan berbahasa, ejaan, sintaksis, teks eksposisi, video pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |