Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Teks Negosiasi yang Disusun Oleh Siswa Kelas X SMK Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022 (Kajian Pragmatik)

Khofifah Indah Baitul Jannah, (2022) Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Teks Negosiasi yang Disusun Oleh Siswa Kelas X SMK Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022 (Kajian Pragmatik). Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Kesantunan berbahasa adalah suatu bentuk etika atau tatakrama penggunaan bahasa dalam komunikasi yang digunakan masyarakat secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini membahas analisis kesantunan berbahasa pada teks negosiasi yang disusun oleh siswa kelas X SMK Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Latar belakang penelitian ini adalah adanya penggunaan bahasa yang kurang memperhatikan kesantunan dalam teks negosiasi yang disusun oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu mendeskripsikan maksim kesantunan, maksim yang dilanggar, serta faktor yang memengaruhi kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada maksim kesantunan, maksim yang dilanggar, serta faktor yang memengaruhi kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data, yaitu pertama menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, teknik yang kedua menggunakan metode cakap dengan teknik bertemu muka, teknik catat, dan teknik ketiga menggunakan metode dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data dan angket analisis siswa. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan metode padan pragmatis. Berdasarkan penelitian tersebut menghasilkan 80 tuturan analisis kesantunan berbahasa pada teks negosiasi yang disusun oleh siswa kelas X SMK Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Hasil analisis tersebut terdiri dari kesantunan berbahasa terdapat 50 tuturan, mulai dari maksim kebijaksanaan 11, maksim penerimaan 6, maksim kemurahan hati 10, maksim kerendahan hati 7, maksim kecocokan 10, dan maksim kesimpatian 6. Berdasarkan maksim yang dilanggar terdapat 30 tuturan, mulai dari maksim kebijaksanaan 7, maksim penerimaan 3, maksim kemurahan hati 6, maksim kerendahan hati 3, maksim kecocokan 10, dan maksim kesimpatian 1. Kemudian hasil faktor yang memengaruhi kesantunan berbahasa terdapat 2 faktor, yaitu berdasarkan faktor internal, mencakup key (kunci atau cara penyampaian), ends (tujuan atau maksud tuturan) dan berdasarkan faktor eksternal, mencakup participant (penutur, mitra tutur, atau pihak lain) dan setting/scene (tempat, suasana/situasi).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesantunan Berbahasa, Kesantunan Berbahasa yang dilanggar, dan Teks Negosiasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:07
Last Modified: 07 Dec 2022 01:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item