Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X

Ahmad Faizul Muttaqin, (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) Bahasa Indonesia materi teks laporan hasil observasi berbasis pendekatan saintifik yang layak, melalui uji validasi oleh validator ahli materi dan dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks laporan hasil observasi kelas X SMA/SMK. Penelitian yang digunakan berjenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan adalah aktivitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), selanjutnya adalah kegiatan pengembangan (development) tujuannya untuk menghasilkan produk dan mengkaji keefektifan produk tersebut. Salah satu model penelitian dan pengembangan adalah model ADDIE yaitu melalui lima tahapan. Analysis (Analisis), Design (Merancang), Development (Mengembangkan), Implementation (Melaksanakan), dan Evaluation (Mengevaluasi). Namun pada penelitian ini hanya melalui tiga tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Merancang), Development (Mengembangkan). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari produk LKPD yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli, adapun yang memvalidasi LKPD terdiri dari 2 dosen jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bergelar doctor, dan guru Bahasa Indonesia. Persentase dari hasil validasi ahli materi 1 sebesar 84% dengan kriteria interpretasi sangat layak. Hasil validasi dari ahli materi 2 sebesar 77% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi 3 atau guru bahasa Indonesia sebesar 76% dengan kriteria interpretasi sangat layak. Untuk akumulasi nilai secara keseluruhan LKPD brbasis pendekatan saintifik pada materi teks laporan hasil observasi kelas X ini memperoleh persentase sebesar 79% dengan kategori layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendekatan Saintifik, Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:42
Last Modified: 07 Dec 2022 01:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8487

Actions (login required)

View Item View Item