Lisya Tri Insani, (2022) Analisis Literasi Sains Berbasis Aplikasi Mobile Learning Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS..pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi muatan literasi sains pada dimensi Sains sebagai batang tubuh pentetahuan, Sains sebagai cara untuk menyelidiki, Sains sebagai cara untuk berfikir dan sains sebagai Interaksi sains, teknologi dan masyarakat pada bahan ajar video dalam aplikasi mobile learning bimbingan belajar online yang paling banyak digunakan oleh siswa di Indonesia yaitu aplikasi Ruang Guru dan Zenius dalam pokok bahasan sistem pernapasan manusia. Mengingat diperkembangan zaman abad ke 21, literasi sains dapat dijadikan sebagai bekal dan tantangan siswa dimasa depan. Dengan adanya bahan ajar video dalam aplikasi mobile learning yang mengandung banyak muatan literasi sains dapat meningkatkan Dimensi literasi sains pada siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode analisis dokumen/analisis isi. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen lembar observasi kategori literasi sains. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase untuk menentukan jumlah kemunculan kategori literasi sains. Penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan Instrumen yang dikembangkan oleh Chiappeta, Filman yang kemudian dimodifikasi dan divalidasi oleh ahlinya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari kedua aplikasi mobile learning yang telah dianalisis lebih menekankan pada dimensi Sains sebagai batang tubuh pengetahuan dengan persentase sebesar 77,78%, dan persentase dimensi literasi sains yang paling rendah adalah dimensi interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat yaitu dengan persentase hanya 1,07%, untuk kedua dimensi lainnya yaitu dimensi sains sebagai cara untuk menyelidiki dengan persentase 15,06%, dan untuk dimensi sains sebagai cara untuk berfikir dengan persentase 6,09%. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis aplikasi mobile learning yang diteliti sudah menyatukan semua aspek literasi sains, namun proporsi kategori literasi sains yang disajikan tidak seimbang, hanya salah satu indikator literasi sains dalam dua aplikasi mobile learning tersebut yang mendominasi yakni pengetahuan sains sebagai batang tubuh pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains; Bahan Ajar; Aplikasi Mobile Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8508 |
Actions (login required)
View Item |