PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NU LEMAHABANG

Ahmad Faqihudin, (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NU LEMAHABANG. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE). Model SOLE merupakan proses pembelajaran yang menekankan siswa untuk belajar mandiri dengan menggunakan teknologi. Kurangnya model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sumber belajar dengan metode konvensional dan guru belum menerapkan pembelajaran berintegrasi dengan IPTEK, sehingga hasil belajar siswa masih belum mencapai target KKM. Dengan menerapkan model pembelajaran SOLE guru dapat menerapkan strategi belajar yang inofatif dan siswa mampu belajar dengan mandiri berbantu internet. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas, respon dan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran menggunakan model SOLE pada materi virus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang berisikan data lembar observasi, pretest-postest, dan angket respon. Taknik sampling dalam penelitian ini menggunkan teknik purposive sampling yaitu dari keseluruhan kelas MIPA di SMA NU Lemahabang kemudian diambil 2 sampel kelas yang terdiri dari 36 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control grup design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, observasi, dan angket. Adapun cara analisis data dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SOLE dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada setiap pertemuannya sebesar 32%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model SOLE memiliki perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 67,37, sedangkan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 77,36. Nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,63, dan rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 0,5. Hasil uji statistic menggunakan uji mann whitney u menghasilkan sig 0,000 < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran SOLE menunjukan respon yang sangat baik pada pernyataan positif dengan rata-rata 53 % siswa memilih opsi sangat setuju (SS), sedangkan pada angket pernyataan negatif mendapatkan presentase 40 % siswa memilih sangat tidak setuju (STS) dan 48 % yang menyatakan tidak setuju (TS). Berdasarkan data angket respon siswa menunjukan bahwa model pembelajaran SOLE dapat diterima baik oleh peserta didik dengan memberikan respon positif, hal ini menunjukan dengan menerapkan model pembelajaran SOLE dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model SOLE, Materi Virus dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:20
Last Modified: 07 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item