Afaf Rohadatul Aisy, (2022) PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS MUATAN LOKAL DI KAWASAN OBJEK WISATA CAPOLAGA ADVENTURE CAMP SUBANG SEBAGAI SUMBER AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Seorang pendidik dalam membangun pembelajaran yang berinovasi, berpusat pada peserta didik dan menggunakan sumber media pembelajaran yang relevan menggunakan bahan ajar. Dan untuk mencapai misi pendidikan dibutuhkan beberapa komponen dalam penyelenggaraan pendidikan salah satunya adalah bahan ajar atau sumber ajar. Upaya pengembangan modul biologi berbasis muatan lokal masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah, kekayaan alam yang ada di Indonesia dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif untuk pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana elaborasi konsep biologi dari kawasan wisata, sistematika modul keanekaragaman hayati berbasis muatan lokal yang dihasilkan dari iterasi kedua, dan bagaimana kelayakan modul keanekaragaman hayati berbasis muatan lokal. Metode penelitian yang digunaka adalah penelitian pengembangan menggunakan metode delphi, instrumen penelitan yang digunakan adalah kuesioner iterasi pertama, kedua, dan ketiga. Hasilnya pada elaborasi konsep biologi dari kawasan wisata memiliki potensi sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati dan mendapatkan nilai CVR & CVI (1) valid dan reliabilitas (sangat baik) ajeg atau konsisten, instrumen kuesioner sistematika modul mendapatkan nilai CVR & CVI (1) valid dengan reliabilitas (sangat baik) ajeg atau konsisten, untuk kelayakan draft modul mendapatkan nilai CVR & CVI (1) valid dengan reliabilitas (baik) ajeg atau konsisten. Oleh karena itu setiap konsep yang terdapat pada iterasi pertama, kedua, dan ketiga dapat digunakan untuk isi modul keanekaragaman hayati dan modul berbasis muatan lokal layak digunakan. Pengembangan terhadap bahan ajar seperti modul berbasis muatan lokal pada konsep materi biologi dapat menambah bahan ajar khususnya pengembanga modul yang berbasis muatan lokal karena proses pembelajaran yang disisipkan dengan kondisi lingkungan sekitar sangat bermanfaat dan menambah wawasan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul keanekaragaman hayati, muatan lokal, metode delphi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 07:06 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 07:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8538 |
Actions (login required)
View Item |