PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA MANGROVE MINA CITRA LESTARI (MICIL) PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN METODE DELPHI

Fitriyani, (2022) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA MANGROVE MINA CITRA LESTARI (MICIL) PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN METODE DELPHI. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah salah satu manifestasi kebudayaan, sejumlah pakar menyatakan bahwa lembaga pendidikan dengan berbagai jenis jenjangnya berperan sebagai pusat pembudayaan. Faktanya bahan pembelajaran di pakai oleh pendidik cenderung berfokus hanya kepada buku pegangan yang dipakai buku paket pada tahun ketahun. Selain persoalan diatas persoalan yang ada di era sekarang adalah mulai memudarnya nilai-nilai kearifan lokal yang berkembang di masyarakat sebagai salah satu dampak dari adanya globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan produk modul Biologi berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Delphi (konsesnsus para pakar ahli). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket iterasi. Iterasi pertama elaborasi konsep biologi dengan relevansi kurikulum pada materi ekosistem pada kawasan wisata mangrove micil, iterasi kedua (sistematika modul) dan iterasi ketiga (draf modul atau produck modul biologi berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Elaborasi konsep dan relevansi kurikulum biologi dikawasan wisata mangrove mina citra lestari) didesa Grogol, kecamatan Gunung Jati, kabupaten Cirebon. dengan hasil perhitungan nilai CVI (Content Validity Index) mendapatkan 24 konsep elaborasi, hasil inter rater ini bisa dilihat keandalan antar observer reliabilitas yakni 1,0226913 artinya (Sangat Baik) 2. Penyusunan sistematika modul biologi pada materi ekosistem biologi berbasis kearifan lokal ini mendapatkan hasil perhitungan nilai CVI mendapatkan nilai 1 dari 53 konsep sistematika modul, pada tahap iterasi kedua menunjukan valid serta hasil perhitungan inter rater pada iterasi kedua adalah hasil r (1,2515601) artinya sangat baik. 3. Mengahasilkan produk modul biologi berbasis kearifan lokal di kawasan mangove micil pada materi ekosistem sebagai sumber belajar peserta didik dengan nilai CVI (1,2075) dari 30 konsep draf modul, pada tahap iterasi ketiga menunjukan valid serta reliabilitas yakni 0,6037415 artinya (Baik) artinya modul layak digunakan untuk peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pengembangan, Modul, kearifan lokal, Delphi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:10
Last Modified: 07 Dec 2022 07:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item