Yunita Sofia Ningsih, (2022) ANALISIS MUATAN ASPEK LITERASI LINGKUNGAN PADA E-BOOKBIOLOGI KELAS X. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER LUAR DALAM.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Isu kerusakan lingkungan hidup seperti perubahan iklim yang kian dianggap ancaman oleh negara-negara menjadi perbincangan hangat dalam studi Hubungan Internasional di era kontemporer. Kepedulian terhadap lingkungan yang termasuk kedalam literasi lingkungan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Literasi lingkungan penting untuk ditumbuhkan di Indonesia, mengingat Indonesia sebagai Negara megabiodiversitas dengan potensi lingkungan alam yang tinggi. Proses penanaman literasi lingkungan sangat penting dilakukan sejak dini, sebagai karakter yang harus dimiliki oleh siswa untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan aspek literasi lingkungan pada bahan ajar berupa E-Book (Electronic Book) serta untuk mengetahui keseuaian aspek literasi lingkungan pada E-Book Biologi kelas X yang dapat dijadikan sebagai pedoman pembelajaran berbasis literasi lingkungan. Populasi dalam penelitian ini yaitu buku ajar Biologi kelas X di SMA/MA Kabupaten Majalengka Selatan. Sampel pada penelitian ini yaitu E-Book Biologi kelas X yang paling banyak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik triangulasi data oleh Dosen Biologi dan Guru Biologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa muatan aspek literasi lingkungan pada E-Book A, B, dan C sangat bagus karena dari ketiga E-Book hamper semua termuat pernyataan pada indicator aspek-aspek literasi lingkungan. E-Book A merupakan E-Book yang paling unggul karena memuat lebih banyak aspek-aspek literasi lingkungan E-Book C yang paling sedikit memuat aspek literasi lingkungan. Ketiga E-Book yang dianalisis sesuai dengan aspek-aspek literasi lingkungan. Koefisien kesepakatan antara Pengamat I dan Pengamat II untuk setiap E-Book menunjukkan angka lebih dari 0,75 yang berarti sangat bagus. Ketiga E-Book layak menjadi pedoman dalam memandu pembelajaran yang berbasis literasi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Literasi Lingkungan, Literasi Lingkungan, E-Book Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 07:51 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 07:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8551 |
Actions (login required)
View Item |