Amaliya Fajri, (2022) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HEREDITAS. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Pewarisan sifat banyak mengalami miskonsepsi karena literatur genetik memuat istilah-istilah yang sulit dipahami oleh siswa. Perkembangan ilmu tentang pewarisan sifat berkembang secara pesat tidak diimbangi oleh perkembangan buku yang digunakan sebagai bahan ajar proses pembelajaran sehingga masih sering terjadi kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan mengembangkan instrumen tes diagnostik Two Tier pilihan ganda pada konsep Hereditas. Jenis penelitian ini menggunakan Development studies dengan model 4D. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling pada kelas XII IPA MAN 1 Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 65 orang siswa terdapat 34% termasuk ke dalam siswa mengalami miskonsepsi, 54% termasuk ke dalam siswa paham konsep dan 12% termasuk ke dalam siswa tidak paham konsep. Miskonsepsi tertinggi adalah pewarisan sifat sebesar (40,17%) dan miskonsepsi terendah adalah pewarisan penyakit menurun yang terpaut kromosom seks sebesar (20%). Simpulan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tes diagnostik Two Tier pilihan ganda yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda dan keberfungsian pengecoh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Tes Pilihan Ganda Two Tier, Hereditas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 08:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8560 |
Actions (login required)
View Item |