PENERAPAN PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENELITI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nettasya Putri, (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENELITI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar peningkatan keterampilan meneliti peserta didik pada kelas yang diterapkan kegiatan pembelajaran proyek mini riset dengan yang tidak diterapkan model tersebut pada materi perubahan lingkungan. Penelitian dilakukan di MAN 2 Kabupaten Cirebon lebih tepatnya di kelas X MIPA 1 ( kelas eksperimen ) dan kelas X MIPA 2 (kelas kontrol) dengan jumlah masing - masing kelas sebanyak 36 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest - Posttes Control Group Design Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki aktivitas yang tinggi, persentase tertinggi pada indikator Merumuskan pertanyaan mendasar yaitu sebesar 94,44%, sedangkan persentase tersendah pada indikator monitoring yaitu 84,26%. Terdapat perbedaan peningkatan Keterampilan Meneliti siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, peningkatan terlihat dari persentase nilai N Gain meneliti, pada kelas eksperimen menunjukkan nilai N Gain sebesar 0,35. Sedangkan kelas kontrol nilai N Gain sebesar 0,17. Berdasarkan uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0.01. berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan keterampilan Meneliti siswa antara kelas eksperimen dan kelas. Pada hasil analisis angket menunjukkan respon yang sangat kuat dengan persentase yang didapat sebesar 84,51%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran proyek mini riset dapat meningkatkan keterampilan meneliti peserta didik. Selain itu aktivitas dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran proyek mini riset menunjukkan hasil yang sangat baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran proyek mini riset , keterampilan meneliti, perubahan lingkungan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:21
Last Modified: 07 Dec 2022 08:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item