PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

Intan Tresna Dwi, (2021) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar tidak selamanya berjalan dengan lancar, pembelajaran tidak terlepas dari interaksi antara guru dengan peserta didik. Namun, pada saat pembelajaran jarak jauh saat ini, dimana antara guru dan peserta didik tidak bisa bertatap muka sehingga dijumpai permasalahan. Diantaranya sulitnya siswa untuk berkonsentrasi sehingga anak didik tidak aktif dalam pembelajaran karena tidak memahami materi, akibatnya tujuan pembelajaran tidak tercapai dan berdampak kepada prestasi belajar siswa menjadi menurun. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan data tentang, konsentrasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 12 Kota Cirebon pada mata pelajaran IPS dan pengaruh antara konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Peneliti mendeskripsikan mengenai pengertian konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi belajar, lalu peneliti mendeskripsikan prestasi belajar, jenis-jenis prestasi belajar dan peneliti mendeskripsikan hubungan dan pengaruh antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, data penelitian diperoleh dari hasil observasi, penyebaran angket dan dokumentasi, kemudian menganalisisnya menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji koefisien determinasi, uji koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar siswa kelas IX termasuk ke dalam kategori cukup baik, dengan nilai 62%. Sedangkan prestasi belajar siswa kelas IX termasuk ke dalam kategori baik, dengan nilai 93,4%. Nilai sig. sebesar 0,034 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 12 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Prestasi, Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:02
Last Modified: 09 Dec 2022 05:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item