UPAYA PENGAJARAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON)

Dina Marliana, (2021) UPAYA PENGAJARAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan layanan akibat pandemi covid-19, dan dituntut untuk melakukan perubahan terhadap cara mengajar, membimbing, mendidik dan layanan administrasi lainnya. Guru harus benar-benar berupaya semaksimal mungkin agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan secara online. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui “Bagaimana upaya pengajaran guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di era pandemi covid-19, Bagaimana hasil belajar siswa di era pandemi covid-19, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengajaran guru IPS di era pandemi covid-19”. Sistem kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada masa pandemi Covid�19 saat ini menuntut guru untuk lebih aktif dan kreatif dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data adalah menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah redukasi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil tes akhir dan nilai raport yang didapat siswa selama pembelajaran.serta meningkatnya hasil belajar siswa dilihat dari adanya kesemangatan siswa, meningkatnya kemampuan bertanya siswa hingga meningkatnya pencapaian belajar siswa. Bahwa guru memilih metode pembelajaran yang tepat dan sekolah mendukung dengan memfasilitasi pemanfaatan media yang ada sebagai alat penyampai materi pembelajaran jarak jauh. Faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan bahwa kegiatan pembelajaran pada masa covid-19 dapat ditingkatkan dengan adanya faktor pendukung serta dapat menurunnya belajar siswa sebab adanya faktor penghambat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Hasil Belajar, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:09
Last Modified: 09 Dec 2022 05:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8578

Actions (login required)

View Item View Item