UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII B DI MTs AL-IHSAN BABAKAN MANJETI KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA

Fariz Maulana Ibrahim, (2021) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII B DI MTs AL-IHSAN BABAKAN MANJETI KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari observasi awal, yang mana terdapat permasalahan mengenai kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII B Mts Al-Ihsan Babakan Manjeti. Motivasi yang minim serta kurangnya dorongan dari guru, akan menghasilkan pembelajaran yang tidak maksimal, sehingga siswa sulit untuk berprestasi. Oleh karena itu, upaya guru dalam menumbuhkan motivasi sangat penting dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII B MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru didalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kerangka pemikir motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor dari dalam diri siswa, dan faktor ekstrinsik merupakan dorongan dari luar, misalnya guru, teman sebaya, dan peran orang tua. Upaya guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting didalam menumbuhkan motivasi siswa, guru memberikan arahan, contoh, semangat, dan dorongan didalam proses pembelajaran, sehingga siswa berhasil mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti merupakan studi kasus dan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tringulasi. Teknis analisis data melalui empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah upaya guru menumbuhkan motivasi adalah dengan cara menggunakan metode yang tepat dan bervariasi, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengenali bakat dan minat siswa, memberikan hadiah. Siswa dikelas VIII B masih memiliki motivasi yang rendah, contohnya sering terlambat mengikuti pembelajaran tidur dikelas, dan tidak aktifnya siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Terdapat faktor pendukung guru didalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, yaitu adanya kemauan didalam diri siswa tersebut, dan sarana dan prasaran yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah, tidak ada peran dari orang tua siswa, pengaruh negatif dari teman sebaya dan tidak adanya kemauan siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru, Motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:24
Last Modified: 09 Dec 2022 05:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item