Windi Nurdiana Sari, (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP DAN BUDAYA TOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan multikultural merupakan upaya dalam menghadapi keragaman, diharapkan dalam penerapannya memberikan nilai-nilai yang membina siswa untuk hidup berdampingan dengan keberagaman di dalamnya. Melalui pendidikan multikultural peserta didik diharapkan dengan mudah memahami, menguasai, memiliki kompetensi baik bersikap dan menerapkan nilai-nilai demokratis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan multikultural, sikap dan budaya toleransi siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pendidikan multikultural terhadap sikap budaya toleransi siswa di SMPN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Toleransi adalah kemampuan untuk menghormati sifat dasar, keyakinan, dan prilaku yang dimiliki oleh orang lain.Budaya sekolah adalah kebiasaan�kebiasaan yang terbentuk dalam perjalanan panjang sekolah, dikembangkan sekolah dalam jangka waktu yang lama dan menjadi pegangan serta diyakini oleh seluruh warga sekolah sehingga mendorong munculnya sikap dan perilaku warga sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian ini menggunakan dua variable yaitu X (Penerapan Pendidikan Multikultural) dan variable Y (Sikap dan Toleransi Budaya). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-sisiwi kelas VIII SMP Negeri 1 Rajagaluh berjumlah 234 siswa dan siswi. Sample penelitian mengambil kelas VIII C dan kelas VIII D berjumlah 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan analisis persentase, analisis lanjutan dengan perhitungan rumus korelasi product moment Karl Pearson dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat penerapan pendidikan multikultural SMPN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka 76,35% termasuk kategori baik. (2) tingkat sikap dan budaya toleransi siswa SMPN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka 82,21% termasuk kategori sangat baik. (3) Koefisien determinasi (R²) adalah 0,250 menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel bebas sebesar 25%. Nilai signifikan sebesar 0,002 dan t hitung sebesar 3,320. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 3,320 lebih besar dari t tabel 1,69236 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan pendidikan multikultural terhadap sikap dan budaya toleransi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Multikultural, Sikap dan Budaya Toleransi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 02:33 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8584 |
Actions (login required)
View Item |