PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON

Dhini Apriliani, (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID 19 ini mengubah proses pembelajaran menjadi pembelajaran online selain membatasi interaksi langsung, dengan pembelajaran yang dilakukan di rumah masing-masing guru di SMPN 1 Gempol berupaya memilih media pembelajaran untuk dapat menunjang proses pembelajaran dengan memilih media aplikasi zoom. Aplikasi zoom adalah sebuah aplikasi yang bisa menunjang proses pembelajaran karena guru dan siswa dapat bertatp muka secara virtual dan berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media zoom dalam pembelajarannya yang telah diterapkan di SMPN 1 Gempol Kabupaten Cirebon, mengetahui hasil belajar siswa dari diterapkan media zoom dalam pembelajarannya di SMPN 1 Gempol Kabuapten Cirebon, dan mengetahui seberapa besar pengaruh dari media zoom dalam pembelajarannya terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Penerapan pembelajaran online dengan menggunakan media zoom diharapkan penggunaan media zoom ini dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Penggunaan media zoom dalam pembelajaran online ini sebagai upaya guru untuk mengoptimalkan pembelajaran online, karena media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan dapat digunakan untuk menyederhanakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E di SMPN 1 Gempol sejumlah 30 siswa. Kuesioner diuji validitas; normalitas, homogenitas, dan linieritas. Sedangkan pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala persentase angket penggunaan media zoom berada pada kategori baik sekali yakni sebesar 92% dan pada hasil belajar yang diambil dari nilai siswa sebanyak 66,7% dinyatakan lulus dan 33,3% dinyatakan belum lulus. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,505 dengan taraf signifikansi 0,004 terdapat hubungan yang cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi nilai (Sig.2-tailed) 0,04<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media zoom terhadap hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Zoom, Hasil Belajar, Covid 19
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:58
Last Modified: 09 Dec 2022 05:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item