PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 KOTA CIREBON

Anjelia Anggraeni, (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran e-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Adapun dalam penerapan model pembelajaran e-learning sudah berjalan cukup baik hal ini terlihat dari kemampuan guru dalam mengoperasikan e-learning untuk menunjang pembelajaran melalui pemanfaatan video, power point dan pemberian tugas kepada siswa dengan materi terbatas. Akan tetapi proses belajar seperti inilah yang dapat mengurangi motivasi belajar siswa karena mengalami kebosanan atau kurangnya ketertarikan siswa untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan e-learning, motivasi belajar dengan menggunakan e-learning dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Kota Cirebon. Model pembelajaran e-learning yang diterapkan di MTsN 1 Kota Cirebon adalah guru melaksanakan tugasnya dengan membagikan materi, tugas, dan terdapat room absensi untuk siswa-siswi di aplikasi e-learning tersebut. Namun durasi waktu pembelajaran secara online dilaksanakan setiap harinya hanya 2 x 30 menit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok variabel yaitu variabel X (Penggunaan Pembelajaran E-learning) dan viarbel Y (Motivasi Belajar Siswa). Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII di MTsN 1 Kota Cirebon yang berjumlah 286 siswa yang dipilih secara random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket penggunaan e-learning dalam pembelajaran IPS berada pada kategori cukup baik yakni menunjukkan sangat setuju 21% dan setuju 51,8%, pada skala prosentase angket motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup baik yakni menunjukkan sangat setuju 24,28% dan setuju 50,97%. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,674 dengan taraf signifikansi 0,000 terdapat hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi nilai (Sig.2-tailed) 0,00<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-learning dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran E-Learning, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:01
Last Modified: 09 Dec 2022 05:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item