Tri Wulan, (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK ISLAM DIPONEGORO KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (537kB) | Preview |
Abstract
Pada masa yang terjadi saat ini jumlah pengangguran yang terus meningkat dan jumlah lapangan pekerjaan yang terbatas. Maka perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyelenggarakan pembelajaran kewirausahaan di sekolah yang diwujudkan dengan adanya mata pelajaran kewirausahaan dalam kurikulum sekolah. Pembelajaran kewirausahaan diperlukan untuk membangun minat dalam berwirausaha, Sejalan dengan hal itu, proses identifikasi dan proses belajar turut membentuk minat, maka kegiatan belajar di sekolah dapat mempengaruhi pertumbuhan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pembelajaran kewirausahaan di SMK Islam Diponegoro; 2). Minat berwirausaha siswa setelah mengikuti mata pelajaran kewirausahaan; 3). Berapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Islam Diponegoro. Pembelajaran kewirausahaan yaitu salah satu mata pelajaran yang diterapkan di sekolah menengh kejuruan (SMK) dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, menjadi mandiri yang cerdas dan terampil. Pelaksanaannya juga berupa teori dan praktek. Minat berwirausaha merupakan ketertarikan, keinginan dan kemauan seseorang untuk berkecimpung kedalam dunia usaha. Sehingga setelah lulus nanti siswa diharapkan menjadi seorang wirausaha dan dapat membantu mengurangi angka pengangguran yang terjadi di wilayah setempat khususnya Losari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sempel dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) dan teknik komputer dan jaringan (TKJ), berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi product moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skala prosentase angket pembelajaran kewirausahaan berada pada kategori baik yaitu 72,80%. Minat berwirausaha siswa setelah mengikuti pembelajaran kewirausahaan SMK Islam Diponegoro Losari termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 38%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antar Pembelajaran kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa SMK Islam Diponegoro dengan koefisien determinasi (r2 xy) sebesar 0,194, Thitung = 4,076 > Ttabel = 1,995, dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000. Angka korelasi sebesar 0.440 berada pada rentang 0,40 – 0,60 kategori sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulam bahwa pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa SMK Islam Diponegoro Losari.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kewirausahaan, Minat |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:04 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |