UPAYA GURU IPS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT AND KNOWLEDGE (TPACK) DI SMP NEGERI 4 JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Siti Maryatul, (2021) UPAYA GURU IPS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT AND KNOWLEDGE (TPACK) DI SMP NEGERI 4 JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seorang guru semakin berat. Guru dan siswa adalah komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sejalan dengan kemajuan zaman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 4 Jatiwangi kab. Majalengka, diketahui Kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran berlangsung dan daya berfikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang upaya guru pembelajaran IPS dalam memotivasi belajar dan kemampuan befikir kritis siswa melalui Technological Pedagogical Content and Knowledge(TPACK) kelas 8 di SMP Negeri 4 Jatiwangi kab. Majalengka, mengetahui kondisi motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS serta kendala yang dihadapi Guru IPS selama proses pembelajaran. Guru dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah memiliki peran penting dan sebagai penunjang utama dalam membangun motivasi belajar. serta dapat mengarahkan daya berpikir siswa karena siswa dituntun untuk dapat berpikir kritis. sejalan dengan keadaan pada saat pandemi covid 19 pola prilaku kebiasaan siswa mengalami perubahan dengan demikian dibutuhkan desain pembelajaran berbasis teknologi dalam efektifitas kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan fokus penelitian upaya guru IPS dalam memotivasi belajar dan mendorong kemampuan berfikir kritis siswa melalui Technological Pedagogical Content and Knowledge(TPACK) kelas 8 di SMP Negeri 4 Jatiwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain Observasi,Wawancara,Dokumentasi dn Triangulasi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik analisis data melalui empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru IPS dengan menggunakan Google Classroom dalam memaksimalkan pembelajaran daring terkait motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa, pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran yaitu dalam memahami materi, keaktifan siswa dan menganalisis suatu masalah yang aja dengan mengajukan tanya jawab pada proses pembelajaran. Dari sinilah siswa akan mampu berfikir kritis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru, Motivasi belajar ,kemampuan berpikir kritis,TPACK
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:48
Last Modified: 09 Dec 2022 05:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item View Item