Miftahul Janah, (2021) PEMBINAAN ETIKA SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukan kurangnya penerapan etika sopan santun yang dilakukan siswa di MTs An-nur Kota cirebon . Secara umum guru telah mengupayakan penanaman nilai-nilai kesopanan dalam kehidupan sekolah akan tetapi perlu pembinaan lebih lanjut dalam prakteknya. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengungkap etika sopan santun siswa selama pembelajaran IPS,untuk memahami upaya guru dalam melakukan pembinaan etika sopan santun serta faktor penghambat usaha pembinaan tersebut. Pembinaan etika sopan santun merujuk pada usaha guru dalam menerapkan nilai�nilai kesopanan di dalam kebiasaan-kebiasaan di sekolah maupun dalam pembelajaran. Pembinaan merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh Guru untuk membimbing Siswa dalam mempelajari hal - hal baru yang belum dikuasai, etika sopan santun merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dibina kepada Siswa karena berkaitan dengan masa depan bangsa. Adapun dalam penerapannya dapat dimulai melalui implementasi dalam pembelajaran maupun pada penerapannya secara nyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualtatif dengan pendekatan studi kasus sebagai penyelidikan empiris yang menyelidiki fenomena di lingkungan kehidupan nyata, ketika batas antara fenomena dan lingkungan tidak terlihat jelas dan berbagai sumber bukti digunakan. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga poin penting dalam pembinaan etika sopan santun di MTs An-Nur kota Cirebon yaitu,etika sopan santun dalam berbicara, bersikap, berpakaian yang diupayakan melalui pembinaan mulai dari pembinaan secara tekstual yang tertera dalam peraturan sekolah melalui kebiasaan, serta secara khusus melalui penanaman nilai-nilai di dalam pembelajaran IPS. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya pembinaan etika sopan santun yang dilakukan oleh guru di MTs An-nur selama pembelajaran daring telah berjalan dengan cukup baik. Adapun dalam penerapannya masih terdapat hambatan yang ditemui, seperti hilangnya kontak, tidak memiliki kuota internet dan hilangnya sinyal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Etika, Pembelajaran IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8604 |
Actions (login required)
View Item |