PELAKSANAAN PENILAIAN PADA ASPEK KOGNITIF DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MTs AL BANNAA DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Muhamad Udin, (2021) PELAKSANAAN PENILAIAN PADA ASPEK KOGNITIF DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MTs AL BANNAA DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Tugas seorang Guru adalah mendidik Peserta Didik, memberikan pengetahuan serta melakukan penilaian terhadap setiap kegiatan yang terselenggara pada proses pembelajaran. yakni kemampuan seseorang guru untuk mengukur dan menilai sejauh mana guru telah mampu memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Penilaian adalah bagian terpenting dalam proses pembelajaran, karena dari proses pembelajaran tersebut guru dapat mengetahui seberapa jauh proses pembelajaran tersebut sudah mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui rancangan penilaian pada aspek kognitif, mengetahui pelaksanaan penilaian dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penilaian pada aspek kognitif dalam mata pelajaran IPS di MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penilaian adalah proses pengumpulan informasi secara menyeluruh yang dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui kemampuan atau keberhasilan siswa dalam pembelajaran dengan menilai kinerja siswa baik kinerja secara individu maupun dalam kegiatan kelompok yang harus mendapatkan perhatian yang lebih dari seorang guru. Dengan demikian, penilaian tersebut harus dilaksanakan dengan baik, karena penilaian merupakan komponen vital (utama) dari pengembangan diri yang sehat, baik bagi individu (siswa) maupun bagi organisasi/kelompok. Penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Sedangkan yang menjadi sampel adalah 15% dari 134 sebesar 20 siswa. Sumber data dikumpulkan melalui observasi, analisis butir soal, Kuesioner (angket), studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian rancangan pelaksanaan penilaian pada aspek kognitif dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pendefinisian dan perancangan. Berdasarkan analisis data dari angket yang berjumlah 10 soal yang diberikan kepada 20 responden didapatkan hasil mengenai respon siswa dalam Pelaksanaan Penilaian pada Aspek Kognitif dalam pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al Bannaa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori baik sekali dengan jumlah skor 76,9% karena berada diantara 75% - 100%. Faktor pendukung pelaksanaan penilaian yaitu Kepemimpinan Kepala Madrasah yang sangat peduli dengan proses penilaian Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu faktor madrasah yang masih dalam kategori sekolah yang kecil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Aspek Kognitif, Mata Pelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:59
Last Modified: 09 Dec 2022 05:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item View Item