EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 1 KABUPATEN CIREBON

Peggi Agisna, (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 1 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Saat ini pendidikan di Indonesia sedang tidak baik-baik saja karena adanya sebuah wabah virus corona yang sangat mematikan yang membuat tim pendidikan ini membuat suatu kebijakan baru untuk guru dengan siswa dapat belajar walaupun situasi sedang rumit karena jika sekolah tidak dilakukan pembelajaran maka siswa akan tertinggal serta bagaimana dengan negara kita jika generasi ini tidak belajar terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Proses penerapan model pembelajaran berbasis e-learning. 2) Faktor pendukung dan penghambat diterapkannya model pembelajaran berbasis e-learning. 3) Efektivitas dari model pembelajaran berbasis e-learning pada masa pandemi covid-19 dalam pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Cirebon. Dengan begitu pemerintah menganjurkan suatu kebijakan berupamenerapkan model pembelajaran online yang dibantu oleh sebuah teknologi yang modern seperti smartphone, laptop/komputer. Pembelajaran berbasis e-learning dilakukan di masa pandemicovid-19 dengan menggunakan jaringan untuk mengakses materi atau tugas yang diberikan oleh pendidik kepada siswa agar siswa dapat mengerjakan tugas melalui aplikasie-learning. Sehingga terjadi suatu hubungan timbal balik antara guru dengan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dimana data yang dihasilkan berupa kata-kata deskripsi yang didapat dari wawancara, observasi dan dokumentasi bersama bidang kurikulum, bidang kesiswaan, guru dan wali kelas serta siswa kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Cirebon. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis e-learning, yaitu guru membuat rencana proses pembelajaran dan dilakukan sesuai jadwal. Diterapkannya model tersebut adanya faktor pendukung dan penghambat seperti sinyal dan kuota terbatas, orang tua yang kurang kontrol dengan belajar siswa di rumah, tersedianya sarana dan prasarana sekolah, guru yang paham dengan e-learning, serta siswa patuh atau tidak patuh terhadap perintah guru. Model ini dapat dikatakan efektif karena siswa cerdas dalam memahami materi atau perintah dari guru,tepat waktu, sesuai dengan tata cara pembelajaran dan kuantitas dalam mengerjakan unjuk kerja meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-learning, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 05:15
Last Modified: 09 Dec 2022 05:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item