PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM PASAL 3 UNDANG-UNDANG SISDIKNAS NOMOR 20 TAHUN 2003

Ismail, (2021) PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM PASAL 3 UNDANG-UNDANG SISDIKNAS NOMOR 20 TAHUN 2003. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan yang tidak representatif pada masa kolonial telah melatarbelakangi munculnya pemikiran-pemikiran pendidikan dari kalangan bumiputra. Mohammad Hatta menjadi salah satu tokoh intelektual bumiputra yang menggagas pemikiran pendidikan. Pemikiran mengenai pendidikan dari Mohammad Hatta masih banyak yang belum mengetahuinya, bukan hanya oleh para generasi muda, kalangan intelktual pun masih banyak yang belum mengetahui konsep pemikiran dari Mohammad Hatta tentang pendidikan. Kurangnya pemahaman dan pengenalan terhadap sosok Mohammad Hatta, juga merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang biografi Mohammad Hatta, konsep pemikiran Mohammad Hatta tentang pendidikan di Indonesia, serta bagaimana relevansinya dengan rumusan tujuan pendidikan nasional dalam pasal 3 Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kepustakaan (library research), teknik pengumpulan data memanfaatkan sumber perpustakaan. Dalam mengkaji konsep pemikiran Mohammad Hatta, penulis menggunakan sumber data melalui buku-buku tulisan beliau sendiri maupun buku-buku tulisan orang lain yang relevan, yang menceritakan tentang pemikiran Mohammad Hatta. Berdasarkan hasil penelitian pustaka yang telah dilakukan, bahwa pemikiran pendidikan Mohamamd Hatta tampak relevan sekali dengan rumusan tujuan pendidikan nasional dalam Pasal 03 Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Tujuan pendidikan menurut Mohammad Hatta yaitu untuk menciptakan pribadi yang baik, dan senantiasa selalu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hasil penelitian ini semoga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai siapa Mohammad Hatta serta pemikirannya. Dan diharapkan penelitian ini juga bisa dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pengembangkan dan mengevaluasi proses pendidikan nasional. Bagi penelitian selanjutnya, temuan penelitian ini dapat dijadikan acuan, terutama bagi yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Mohammad Hatta, Pendidikan, Undang-undang Sisdiknas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 06:00
Last Modified: 09 Dec 2022 06:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8618

Actions (login required)

View Item View Item