Teguh Santosa, (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Wahidin Kota Cirebon” (PTK di Kelas VII-A SMP Wahidin Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS dalam satuan pendidikan perlu diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenaangkan, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kreativitas dan bakat mereka masing-masing. Berdasarkan observasi awal tentang pembelajaran IPS diketahui bahwa metode pembelajaran IPS yang dilakukan masih belum optimal. Guru menggunakan metode konvensional. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa agar aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS meningkat, maka diperlukan suatu alternative tindakan yaitu salah satunya dengan mengguanakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Wahidin Kota Cirebon dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas VIII-A yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 19 siswa perempua. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan penelitian model Suharsimi Arikunto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Rata-rata ketercapaian aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 menunjukan persentase yaitu 52,5% kemudian siklus 2 sebesar 70% dan siklus 3 sebesar 92% sedangkan hasil belajar siswa pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 57,32 dengan ketuntasan belajar 20,93% menjadi nilai rata-rsta kelas 69,06 dengan ketuntasan belajar 48,83% pada siklus 1 kemudian di siklus 2 nilai rata-rata kelas menjadi 75,58 dengan ketuntasan belajar 67,44% selanjutnya siklus 3 nilai rata-rata kelas sebesar 81,16 dengan ketuntasan belajar siswa 86,04% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 04:53 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 04:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8679 |
Actions (login required)
View Item |