Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Moral Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu

Lailatul Intikhobah, (2022) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Moral Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Kualitas moral dalam kehidupan manusia Indonesia saat ini, terutama di kalangan siswa, menuntut pembentukan pendidikan karakter. Sekolah dituntut untuk memainkan peran dan tanggung jawab mereka untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik dan membantu siswa membentuk dan membangun karakter mereka dengan nilai-nilai yang baik. Karena pembentukan karakter siswa sebagai seorang anak bukan hanya tugas guru semata. Di samping itu, tanpa kerja sama yang kuat antar orang tua, guru, dan masyarakat pembentukan dan perbaikan karakter akan sulit terealisasi secara maksimal. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pendidikan karakter di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu (2) mengetahui moral siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan karakter terhadap moral siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu. Pendidikan karakter sangat berpengaruh dalam membentuk moral siswa. Dengan adanya penanaman pendidikan karakter yang maksimal maka dapat terlihat dengan siswa yang bermoral baik dan apabila dalam penanaman pendidikan karakter yang kurang maksimal maka dapat terlihat siswa yang masih memiliki perilaku yang kurang bermoral. Dengan adanya pendidikan karakter, peserta didik dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan buruk, benar dan salah dan bisa menerapkan nilai-nilai karakter tersebut dalam kehidupan sehari�hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A berjumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 17. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket pendidikan karakter berada pada kategori baik sekali yakni sebesar 85,21% dan skala prosentase angket moral siswa pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori baik sekali yakni sebesar 82,55%. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0,978 dengan taraf signifikansi 0,000 terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai thitung sebesar 25,515 > ttabel 1,697 pada taraf signifikan 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap moral siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP NU Tenajar Kidul Kabupaten Indramayu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:38
Last Modified: 19 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8687

Actions (login required)

View Item View Item