Nurfika, (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal peneliti di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon, pada proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode konvensional seperti penerapan metode ceramah dalam proses belajar mengajar masih mengandalkan guru sepenuhnya dalam menyampaikan materi dan siswa tidak berperan aktif. Guru pernah mencoba metode memanfaatkan media visual seperti gambar akan tetapi siswa masih kurang termotivasi dalam belajar IPS, kurangnya inisiatif siswa untuk mencari bahan pembelajaran tamabahan selain materi yang disampaikan guru di sekolah. Selain itu siswa kurang menyimak dan mengingat lebih banyak materi yang disampaikan dan sebagian siswa tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi, diantaranya siswa sering bergurau dan mengobrol. Kejadian siswa yang demikian dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Atas dasar itulah peneliti menggunakan suatu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray agar siswa yang harus berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pendekatan model Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan model Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Regresional. Penelitian Regresional adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Dalam penelitian Regresional variabel yang mempengaruhi disebut variabel X dan variabel yang dipengaruhinya disebut variabel Y. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 33 siswa yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik purvosif sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, angket, dokeumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pembelajaran IPS kelas VII memiliki pengaruh dengan melihat dari besarnya nilai korelasi atau hubungan sebesar 0,600 – 0,799 dengan kategori Kuat bernilai 0,731 dengan persamaan regresi Y= 42.820+ 0,869X Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mempunyai nilai p�Value (pada kolom sig.) 0,000 <Level of significant 0,05, dan t tabel (1.69552) <t hitung (5.960) artinya signifikan. Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho di tolak, artinya ada pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VII B SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, model kooperatif, two stay two stray |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 06:42 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 06:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8688 |
Actions (login required)
View Item |