KOMPETENSI GURU PROFESIONAL DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

Nopianti, (2022) KOMPETENSI GURU PROFESIONAL DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Guru berperan sebagai jembatan untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Selain untuk mencapai tujuan pendidikan, hal yang juga perlu diperhatikan adalah untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru dalam mengevaluasi. Evaluasi digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran untuk dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan terkait dengan proses pembelajaran apakah sudah dilaksanakan dengan baik dan dapat dilanjutkan ataupun masih perlu perbaikan dan penyempurnaan. Kompetensi yang dimiliki oleh guru IPS di SMPN 12 Kota Cirebon belum berdampak positif terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keprofesionalan guru IPS, pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS, dan untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara kompetensi guru profesional dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS di SMPN 12 Kota Cirebon. Penelitian ini juga bertolak dari pemikiran bahwa salah satu faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berasal dari guru salah satunya yaitu pada saat proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain dalam hal memilih dan memanfaatkan metode pembelajaran, guru harus dapat meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sementara metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini berupaya menelaah hubungan antar variabel satu dengan variabel yang lain. Metode ini digunakan karena penelitian ini berusaha menemukan ada tidaknya hubungan antara kompetensi guru profesional dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS di SMPN 12 Kota Cirebon. Hasil dari penelitian ini yaitu keprofesionalan guru IPS di SMPN 12 Kota Cirebon dikatakan sangat baik, hal ini didasarkan pada hasil perhitungan secara komulatif menunjukan nilai sebesar 86,62% yaitu berada pada rentang 76%- 100%. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS di SMPN 12 Kota Cirebon dinyatakan sangat baik, dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan secara komulatif menunjukan nilai sebesar 81,90% berada pada rentang 76%-100%. Dari hasil koefisien korelasi uji t memiliki nilai sebesar 0,003 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa terdapat keterkaitan antara kompetensi guru profesional (X) dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran (Y). Kemudian nilai determinasi antar variabel kompetensi guru profesional (X) dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS (Y) sebesar 0,453 nilai terletak antara 0,40-0,59 maka kriterianya termasuk sedang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, guru profesional, evaluasi pembelajaran IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:20
Last Modified: 19 Dec 2022 08:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8711

Actions (login required)

View Item View Item