Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Kota Cirebon

Siti Amanah, (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Banyak pihak pengajar masih menggunakan metode pembebelajaran konvensionl yaitu mendengarkan ceramah. Sehingga kemampuan siswa kurang berkembang dan hasil belajar yang kurang optimal. Untuk itu, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DMR dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi, kerjasama dan percaya dirinya. Serta rata-rata hasil belajar siswa kelas IX pada pelajaran IPS masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan penerapan penggunaan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy pada pelajaran IPS. 2) . mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy 3) mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN. Penelitian ini merupakan penelitian ekeperimen dengan sampel 29 siswa kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas IX E sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan Nonrandomized Pretest-Postest Control Group Design.Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penggunaan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy dapat memberikan dampak yang positif terhadap pemahaman siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa ke arah lebih baik dengan kenaikan rata-rata hasil belajarnya. 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran DMR memberikan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 40,97 menjadi 64,41. 3) terdapat pengaruh dari model DMR terhadap hasil belajar terlihat dari t hitung = 723,16, maka thitung > ttabel (723,16 > 2,052) yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian, keputusan pengujian ini menolak H0 dan menerima Ha yang berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran diskursus multy reprecentacy terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:30
Last Modified: 20 Dec 2022 00:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item