Surul Mustofa, (2022) Dampak Sekolah Umum Bagi Pendidikan Masyarakat Di Pondok Pesantren Al-Bukhori Desa Sengon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan yang peneliti lihat serta juga berada di desa tersebut, pada mulanya pondok pesantern Al-Bukhori awal mulanya yaitu menggunakan system salaf. Masyarakat sekitar pondok pesantren kebanyakan dalam jenjang pendidikan mereka hanya sampai batas tingkat menengah saja, dikarenakan masih banyak masyarakat yang masih kurang sadar akan pentingnya pendidikan. Karena perkembangan zaman yang semakin pesat serta tuntunan yang ada pada masyarakat kini pondok pesantren Al-Bukhori telah mulai menerapkan system pendidikan klasikal, yaitu dapat dilihat dari telah diadakannya lembaga pendidikan formal yaitu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah (Mts Plus Al�Bukhori), Madrasah Aliyah (MA Plus Al-Bukhori). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak sekolah umum, bagaimana dampak sekolah umum, dengan adanya pembangunan lembaga sekolah di pondok pesantren Al-Bukhori dalam hal ini menjadi pembeda dengan pondok pesantren lainya. Dengan bertujuan bagaimana dampak bagi masyarakat sekitar setelah adanya lembaga sekolah di pondok pesantren. dampak yang diterima itu semuanya positif atau ada dampak negatif setelah dibangunnya lembaga sekolah. Masyarakat bagian dari satu kesatuan yang didasarkan oleh sebuah ikatan�ikatan yang sudah sangat teratur atau bisa dinamakan stabil. Dikarenakan masyarakat sendiri adalah kumpulan-kumpulan manusia yang hidup dilingkungan yang sama serta terjalin adanya solidaritas dengan tujuan yang sama. Sehubungan dengan ini maka akan sendirinya masyarakat merupakan satu kesatuan yang dalam kehidupan atau tujuanya mempunyai gejala yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, menggunakan bahan referensi, member check. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) adanya dampak sekolah umum. Sehingga pendidikan di dalam pondok pesantren atau diluar pondok pesantren itu menjadi sesuatu yang baik bagi semuanya. (2) sebuah pondok pesantren jika hanya terpaku dalam sistem salaf saja, mungkin pondok pesantren tidak akan pernah maju melainkan stag dikondisi yang tidak berubah dan juga akan kalah saing dengan pondok pesantren lainya. (3) adanya hubungan antara sekolah umum dengan pondok pesantren bisa lebih gampang untuk melanjutkan tingkat pendidikan mereka, sehingga dalam bidang pendidikan akan meningkat, dalam bidang ekonomi masyarakat pendapatanya mulai meningkat serta hubungan antar sesama akan menjadi harmonis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Sekolah Umum, Pendidikan Masyarakat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 01:02 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 01:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8727 |
Actions (login required)
View Item |