Dewi Komalasari, (2022) Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPS terhadap Siswa Kelas VIII MTs Madinatunnajah Kecamatan Harjamukti Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (465kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan tidak hanya dilihat pada upaya penguasaan kognitif namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter yang mencakup aspek sikap dan perilaku, sehingga peserta didik menjadi manusia yang berakhlak dan bertaqwa. Karena kelemahan pendidikan dalam membekali kemampuan akademis pada peserta didik, kurangnya penyadaran nilai-nilai yang berarti mengakibatkan banyak persoalan penyimpangan yang muncul seperti merokok dan sampai melakukan pembulian. Begitu rapuhnya upaya penyadaran nilai moral dikalangan peserta didik. Berdasarkan permasalahan yang ada, peneliti melakukan pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS terhadap siswa kelas VIII MTs Madinatunnajah Kecamatan Haramukti Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanan dan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan integrasi nilai-nilai Islam, dan untuk Mengetahui bagaimana hasil integrasi nilai-nilai Islam dengan pembelajaran IPS di MTs Madinatunnajah. Nilai-nilai Islam dapat diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran yang mencakup aspek adab peserta didik dan etika seorang pendidik. Perencanaan dan pelaksanaan melalui langkah-langkah pembelajaran yang tersusun dalam konsep, tujuan, materi, program, dan strategi pembelajaran. Peserta didik menerapkan nilai-nilai Islam yang dilakukan oleh guru dengan sangat baik dalam keseharianya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek kepala madrasah, guru IPS, guru PAI, dan siswa. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap-tahap sebagai berikut: Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Dapat disimpulkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran IPS dengan integrasi nilai Islam sudah memiliki strategi yang optimal dan mampu diterapkan dalam program seperti tamam, khiwar dan sholat dhuha. 2) Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan integrasi nilai Islam sudah mampu diterapkan dengan RPP, metode, dan model pembelajaran yang baik. 3) Hasil integrasi nilai Islam dengan pembelajaran IPS dapat dilihat dari hasil evaluasi guru terhadap siswa, dimana peserta didik mampu menerapkan nilai Islam seperti siswa gemar mengaji, tekun beribadah, dan perilaku santun.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Nilai Islam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 01:08 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 01:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8728 |
Actions (login required)
View Item |