Rehna Intan Fitriyani, (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini pendidikan dihadapkan pada wacana membumikan kembali adanya pendidikan karakter. Karakter merupakan mustika hidup yang dimiliki manusia untuk membedakannya dengan binatang. Manusia yang memiliki karakter akan bertahan baik secara individual maupun sosial akan memiliki moral, akhlak, dan budi pekerti yang baik. Mengingat pentingnya karakter maka instusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Adanya dampak globalisasi menjadi salah satu sebab masyarakat Indonesia melupakan adanya aspek pendidikan karakter. Gerakan pendidikan karakter yang dirancangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2017 mengidentifikasi lima nilai utama karakter yang saling berkaitan dalam membentuk jejaring nilai yang perlu dikembangkan sebagai prioritas, yaitu : nilai religius, disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat/komunaktif, dan peduli terhadap lingkungan. Karakter yang ditekankan pada penelitian ini adalah karakter religius sebagai pondasi penguat kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian implementasi program pendidikan karakter dalam pembiasaan di kelas, ekstrakulikuler maupun pembiasaan diluar kelas di SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penerapan pendidikan karakter di sekolah karena kurang diperhatikn oleh guru kepada siswa dalam saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas, pendidik/guru, peserta didik kelas VII, VIII, dan IX serta perwakilan wali murid dari kelas VIII dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik dilaksanakan oleh warga sekolah dan sudah menerapakan nilai-nilai karakter yang ada di sekolah. Dilihat dari pelaksanaan program pendidikan karakter, keunggulan maupun hambatan tersebut mencapai hasil yang maksimal dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter. Secara keseluruhan program pendidikan karakter telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan diantaranya, 1) Kepala sekolah untuk membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru untuk lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai karakter dalam kegiatan keseharian sekolah, 3) Peserta didik menjalankan program pendidikan karakter yang diadakan di sekolah dengan baik dan berpartisipasi aktif, 4) Orang tua memberikan perhatian khusus kepada anaknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program, Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 01:20 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 01:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8731 |
Actions (login required)
View Item |