Saefullah, (2022) Penerapan Metode Discussion Grou(DG)- Group Project(GP) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS (Studi Deskriptif di Kelas IX MTsNU Astanajapura Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Cover- Daftar Isi.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan Kerjasama yaitu suatu hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang siswa, adanya peduli sosial, sikap bertukar pikiran dan saling menghargai satu sama lain dalam kehidupan sehari- hari. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan. Diketahui siswa masih kurang dalam keterampilan kerjasama sehingga diterapkan metode discussion group- group project untuk menumbuhkan keterampilan kerjasama seperti rasa peduli, saling menghargai, gotong royong, bertukar pikiran dan menumbuhkan sikap menghormati. Karena itu kurangnya saat perilaku mereka terhadap keterampilan kerjasama dan perlu dioptimalkan di sekilah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode discussion group- group project dalam meningkatkan keterampilan kerjasama, peningkatan metode discussion group- group project dalam meningkatkan keterampilan kerjasama, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat diterapkan metode discussion group- group project dalam meningkatkan keterampilan kerjasama pada materi perdagangan internasional. Peneliti mendeskripsikan mengenai pengertian metode diskusi dan proyek, peningkatan metode diskusi dan proyek, lalu faktor pendukung dan penghambat, dan peneliti mendeskripsikan keterampilan kerjasama pada pembelajaran IPS materi perdagangan internasional. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru IPS, Guru Seni Budaya dan siswa-siswi kelas sembilan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari uraian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan kerjasama dalam kelompok mengalami peningkatan pada aspek tanggung jawab berupa tugas individu dan keompok terutama pada pembuatan materi, media, pemahaman materi pada saat presentasi, aktif dalam berkelompok pada saat diskusi awal siswa terlihat satu sama lainnya memecahkan topik permasalahan yang dituangkan dalam makalah dan mengemukakan pendapat terlihat pada saat presentasi siswa antusias bertanya, mengemukakan pendapatnya, dan.berkomunikasi dengan baik antar siswa hal ini terlihat pada saat siswa sedang presentasi pemateri melakukan interaksai yang terjalin lebih harmonis. Sehingga keterampilan kerjasama siswa mengalami perubahan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Discussion Group, Group Project, Keterampilan Kerjasama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 01:28 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8733 |
Actions (login required)
View Item |