Fikri Ari Imaduddin, (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran IPS Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Hurriyah Sadawangi Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Kondisi pembelajaran pada saat ini sangat kurang efektif, karena dilakukan secara online sehingga antusias belajar siswa sangat berkurang terhadap pembelajaran yang berbasis online. Maka motivasi belajar siswa yang dilakukan secara daring akan mempengaruhi efektfitas belajar siswa, disamping itu juga banyak guru yang belum paham akan proses belajar mengajar secara online. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dan efektivitas pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa terhadap efektivitas pembelajaran IPS pada siswa Kelas VII MTs Al-Hurriyah Sadawang Kabupaten Majalengka. Motivasi belajar adalah kondisi psikologis yang mendorong siswa untuk belajar secara sungguh-sungguh, yang pada gilirannya akan terbentuk cara belajar siswa yang sistematis, penuh konsentrasi dan dapat menyeleksi kegiatan�kegiatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan dua variabel yaitu variabel X (motivasi belajar) dan varibel Y (efektivitas pemebalajaran IPS). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas VII MTs Al-Hurriyah Sadawangi Kabupaten Majalengka yang berjumlah 62 siswa dengan menggunakan sampel totalitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument angket sebagai alat ukur penelitian, skala yang digunakan ialah skala likert dan teknik analisis data penelitian menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji korelasi person, uji regresi linear sedrhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan rekapitulasi angket motivasi belajar bernilai 79,47% dan efektivitas pembelajaran IPS bernilai 77,35% keduanya berkategori baik. Hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y adala 0,644 dengan taraf sig = 0,05 diperoleh signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 terdapat hubungan positif (kuat) antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap efektivitas pembelajaran IPS di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII MTs Al-Hurriyah Sadawangi Kabupaten Majalengka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Efektivitas, Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8745 |
Actions (login required)
View Item |