Peran Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Mubtadiin Kaliwadas Sumber Cirebon

Mohamad Nur Kholis, (2021) Peran Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Mubtadiin Kaliwadas Sumber Cirebon. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran dalam meningkatkan kinerja seluruh sumber daya manusia yang ada di lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil dan peran kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliwadas Sumber Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi mendalam, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kepala madrasah sudah memenuhi kriteria sebagaimana yang telah ditentukan dalam Permendiknas Nomor 13 tahun 2007. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliwadas Sumber Cirebon dikatakan sudah baik, sebagai educator, manager, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Peningkatan manajemen berbasis madrasah ini, berkaitan dengan manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan pembiyaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen peran serta masyarakat, manajemen layanan khusus juga mengalami peningkatan dan terlaksana dengan baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan di tiap masing-masing manajemen. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah Cirebon di antaranya: madrasah pada jalur utama desa, memiliki sarana dan prasana yang cukup memadai, adanya kekompakan antara guru dalam mendukung segala kebijakan yang dibuat oleh pihak madrasah. Faktor penghambat terlaksananya manajemen berbasis madrasah adalah minimnya pendanaan yang ada, adanya sumber daya manusia yang masih belum sesuai dengan keinginan lembaga, dan kurang adanya dukungan dan keterlibatan dari pemerintah secara langsung.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Madrasah, Manajemen Berbasis Madrasah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:26
Last Modified: 20 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item