Elasari, (2022) Efektivitas Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Penerapan Kurikulum 2013 di MTs Negeri 12 Cirebon. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Point penting dari pendidikan adalah kurikulum dan Tenaga Pendidik yang merupakan acuan dan menjadi ciri bagi sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan memberikan interpretasi mengenai meteri, metode dan penilaian yang nantinya digunakan oleh penddidik dan tenaga kependidikan. Kurikulum yang sekarang digunakan di Indonesia adalah kurikulum 2013 yang berfokus pada aspek peningkatan dan keseimbangan antara soft skill (pengetahuan) dan hard skill (keahlian). Kurikulum 2013 dibut supaya peserta didik mandiri dalam hal belajar (studen center) sering melakukan presentasi, bertanya dan diskusi bersama seringkali ditandai dengan 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan dan membentuk jejaring). Sedangkan dari segi pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan merupakan kegiatan untuk mengatur orang lain dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan proses manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan serta evalusi. Sehingga tujuan dari lembaga dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen tenaga kependidikan dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Negeri 12 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif (deskriptif), penelitian kualitataif merupakan merupakan penggambaran atau mendeskripsikan hasil temuan lapangan secara rinci atau apa adanya. Sumber data dari penlitian ini adalah sumber data secara langsung yang berkaitan dengan penelitian seperti Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Kepala TU, Pustakawan atau pengelolaa perpustakaan, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), B. Indonesia dan peserta didik (tiga orang). Serta untuk data tidak langsung peneliti menggunakan dokumentasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dalam efektivitas manajemen tenaga kependidikan dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Negeri 12 Cirebon sudah berjalan cukup lancar dan dilakukan secara baik dan maksimal yang bisa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bisa dilihat dari Seta penerapan kurikulum 2013 bila dilihat dari keinginan dari pendidik dan pihak sekolah untuk meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas mengenai kurikulum 2013 supaya dapat menerapkan secara maksimal dan profesional. Terdapat faktor penghambat yaitu tenaga pendidik, peserta didik, sara dan prasarana. Sedangkan untuk faktor pendukung yaitu wali murid dan lingkungan sosial (masyarakat). Sehingga terdapat hubungan yang dapat dilihat yaitu penerapan kurikulum 2013 bergantung pada pengelolaan sumber daya manusianya (tenaga kependidikan dan pendidikan) yang berkualitas yang dilakukan pada saat perencanaan, pengelolaan dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Tenaga Kependidikan, dan Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:30 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8776 |
Actions (login required)
View Item |