Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Peserta Didik Di PAUD KB Wijaya Kusuma Desa Losari Lor Kabupaten Cirebon

Fuji Lestari, (2022) Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Peserta Didik Di PAUD KB Wijaya Kusuma Desa Losari Lor Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penerapan manajemen pembelajaran tertutama dalam menegembangkan Kemampuan sosial peserta didik yang ada di PAUD KB Wijaya Kusuma ini belum berkembang secara maksimal, misalnya kurangnya interaksi peserta didik satu sama lain, kurang maksimalnya sikap bekerja sama dan tanggung jawab peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran dan setelah proses pembelajaran, kedisiplinan peseta didik ketika masuk kelas, tolong menolong ketika teman membutuhkan bantuan, tidak semua peserta didik memiliki sikap peduli sosial dan sebgaian besar peserta didik yang ada di PAUD KB wijaya Kusuma belum mandiri ketika didalam kelas ada sebgaian anak yang masih harus didampingi oleh orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengawasan dan evaluasi dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, penyaji. an data, reduksi data dan penarikan kesmpulan. Dan hasil penelitian ini adalah 1)Perencanaan dalam manajemen pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di PAUD KB Wijaya Kusuma ini dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu Penyusunan visi dan misi serta tujuan lembaga, pembuatan Kalender Pendidikan, Pengembangan Program Tahunan yang disusun menjadi Program Semester, Pengembangan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH), Penetapan materi dan metode serta media pembelajaran.2) pelaksanaan pembelajaran setelah melakukan proses perencanaan Sebelum melaksanakan pembelajaran ada beberapa komponen yang harus diperhatikan guru yaitu mengelola kelas, menyampaikan materi/bahan secara sistematis, menggunakan metode dan alat peraga yang relevan dan 3) Evaluasi dalam manajemen pembelajaran terdiri dari dua tahap, yaitu penilaian pembelajaran dan pelaporan perkembangan peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Kemampuan Sosial, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:47
Last Modified: 21 Dec 2022 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8814

Actions (login required)

View Item View Item